Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial
Profil
· Sekretariat
· Kessos Anak
· Yansos Lanjut Usia
· Rehsos ODK
· Rehsos Tuna Sosial
· Rehsos KP Napza

Menu Utama
· Depan
· Arsip Berita
· Database
· Downloads
· Gallery
· Kirim Berita
· Kontak Kami
· Rekomendasikan
· Top 10
· Web Links

Pencarian



Login
Nama Login

Password

Kode Security: Kode Security
Masukan Kode Security

Daftar
Lupa Password.

Berita: Kongres Anak Indonesia ke XI di Kota Batam
Dipublikasikan oleh tira - Pada Jumat, 13 Juli 2012

”Mewujudkan Indonesia Ramah Anak”


Kongres Anak Indonesia ke XI berlangsung di Golden View Hotel Kota Batam dihadiri kurang lebih 313 anak dari berbagai daerah. Mengangkat tema ”Mewujudkan Indonesia Ramah Anak”, acara yang berlangsung selama enam hari (9 – 14 Juli 2012) akan membahas berbagai permasalahan anak yang terus meningkat, para peserta kongres kali ini dibagi menjadi empat komisi. Mereka membahas isu pendidikan, kesehatan, perlindungan anak, dan jaringan kerjasama anak, setiap peserta akan berdiskusi tentang aspirasi dan masalah anak di daerah masing-masing. Selain itu dalam kongres ini juga akan dipilih Duta Anak yang tujuannya mewakili suara anak Indonesia diberbagai forum – forum Nasional maupun Internasional nantinya.


Kongres Anak Indonesia dibuka dengan penampilan apik tarian khas Melayu dan tari selamat datang dari provinsi Papua, Pada kesempatan itu, Rahmat Sentika, staff ahli Menkokesra mengatakan “ Biarkanlah anak-anak menyampaikan pendapatnya tentang pendidikan, kesehatan, partisipasi, dan jaringan dalam kongres”.

Kongres Anak Indonesia, merupakan mekanisme nasional pemenuhan hak partisipasi anak untuk didengar dan dihargai pendapatnya/suaranya yang dijamin oleh Konvensi PBB tentang Hak Anak dan UU Perlindungan Anak no. 23/2002.

Sementara itu Ketua Komnas PA, Aris Merdeka Sirait, berpesan ”Kepada Anak-anak Indonesia saya berpesan agar memanfaatkan kongres ini untuk belajar demokrasi, menerima pendapat, bertoleransi, menghormati hak azasi manusia tanpa melihat warna kulit dan rambut dan perbedaan lainnya” .

Dalam Kongres itu pula beragam pertanyaan dikemukakan anak – anak dari berbagai daerah, Taufik (13) asal Gowa, Sulawesi Selatan menanyakan permasalahan pelesehan seksual yang marak terjadi dikalangan anak – anak, masalah pekerja anak banyak anak karena ketidakmampuan orang tua harus bekerja demi memenuhi kebutuhan keluarganya, seharusnya diusia seperti saya harus  diperhatikan pendidikannya  disamping bisa bekerja, ujar Prestya (15) asal Polman, Sulawesi Barat. Kami berharap untuk Kongres kedepannya Anak Komunitas Terpencil (KAT) juga bisa ikut berpartisipasi, tutur Mona (17) asal Riau.

Kami juga mengharapkan agar pemerataan pembangunan bisa sampai keujung Indonesia Timur, akses pendidikan juga perlu ditingkatkan dan yang terpenting adalah agar Keamanan Bumi Papua bisa damai terhindar dari berbagai konflik yang selama ini selalu menghantui kami, tutur Rahma (16)
Keragaman budaya inilah yang mewarnai Kongres Anak Indonesia, mereka punya misi yang sama agar suara anak Indonesia bisa didengar dan dihargai dari apa yang telah mereka kemukakan demi mewujudkan Indonesia damai, sejahtera dan saling menghargai ujar Manfred (17) dari Papua.

Pada kesempatan itu anak - anak Indonesia diberikan kesempatan untuk obseravsi lapangan dengan mengunjungi berbagai tempat - tempat sejahrah sebagai sarana edukasi.***(Tira/C-9)




 
Link Terkait
· Lebih Banyak Tentang Organisasi Hukum dan Humas
· Berita oleh tira


Berita terpopuler tentang Organisasi Hukum dan Humas:
Gelandangan dan Pengemis Isu Permasalahan Sosial


Nilai Berita
Rata-rata: 5
Pemilih: 4


Beri nilai berita ini:

Luar Biasa
Sangat Bagus
Bagus
Biasa
Jelek


Opsi

 Versi Cetak Versi Cetak


Topics Terkait

Organisasi Hukum dan Humas


Re: Kongres Anak Indonesia ke XI di Kota Batam (Nilai: 0)
Oleh Tamu Pada Minggu, 22 Juli 2012
mohon maaf komisi kongres anak indonesia di bagi lima pendidikan,keshatan,perlindungan,jaringan dan satu lagi yang ter lupakan partisipasi


KEMENTERIAN SOSIAL REPUBLIK INDONESIA
Copyright Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial 2011
Powered by the AutoTheme HTML Theme System
Page created in 0.507097 Seconds